selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com - selamat datang di masjack78.blogspot.com

Rabu, 15 Juni 2011

Guru Gaul

Oleh : Yan Vita, S.Pd.I
SDN Tegalombo 1 Kalijambe Sragen
MENJADI GURU GAUL ITU PERLU

Guru biasa-biasa memberitahu...
Guru yang baik menjelaskan...
Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya,,,
Guru yang hebat menginspirasi murid-muridnya...
William A Ward (www.suksestotal.com)

         Menjadi guru yang berhasil dan sukses mengantarkan anak didiknya menjadi orang yang lebih berguna adalah hal yang sangt membanggakan bagi seorang guru. Menjadi guru teladan bukan dikarenakan kepandaiannya atau berapa banyak kejuaraan yang diperolehnya. Menjadi guru teladan adalah ketika guru dapat menjadi contoh dan menjadi sosok yang dapat diikuti dan dipahami muridnya. 
         Menjadi guru bukanlah hal yang mudah, perlu ketulusan dan pengorbanan. Guru harus berani dipandang dan diperlakukan sebagai sahabat, seseorang yang kedudukannya setara. Sebagai teman, sebagai sahabat, guru bisa diajak sharing, ngobrol, baik tentang pelajaran ataupun isu2 terkini. Di dalam kelas guru berperan sebagai pengajar, tapi diluar jam mengajar, jadilah guru yang gaul dan menyenangkan bagi murid.
         Tentu saja, ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua guru. Menjadi sosok yang disukai siswa dan mampu mengantarkan mereka untuk menyerap semua yang diajarkan. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Wawancara dengan salah seorang guru, bu Agustin sebagaimana dikutip dari buku “Menjadi Guru Idola”, resep yang menurut dia membuatnya awet muda adalah, pertama, bekerja dengan hati, kedua, antusias untuk terus belajar, ketiga, tidak malu menjadi gaul, dan tidak sungkan mengikuti alur zaman.
         Mungkin kita pernah mendengar istilah “guru gaul” tapi kadang masih belum bisa mendefinisikan secara jelas makna guru gaul itu sendiri.Saat ini ada media Facebook yang merupakan sarana komunikasi sosial. Betapa kagetnya saya ketika membuka FB, ada yang add dan itu adalah murid saya. Yang lebih mengherankan lagi ni baru kelas 3 SD. Usut punya usut ternyata ini akun milik orang tuanya. Setelah menjalin pertemanan, kami saling bertukar informasi tentang perkembangan anaknya serta sekolah.
         Guru dapat berkomunikasi dan mengamati perilaku siswa-siswanya dari situs tersebut. Guru juga bisa mengirimkan artikel yang berisi nasehat atau berkomunikasi lewat internet dengan siswa tersebut. Dengan cara ini, guru akan terkesan tidak menggurui dan siswa akan merasa nyaman menerima nasehat-nasehat tersebut. Secara tidak langsung guru sudah membimbing siswa dan memperlancar proses pengajaran di kelas di waktu selanjutnya karena siswa tersebut sudah merasa nyaman dengan gurunya. Lewat jejaring social, guru juga dapat berkomunikasi dengan wali murid untuk mendiskusikan perkembangan anaknya, bahkan sampai kemajuan sekolah.
          Internet merupakan perpustakaan dunia yang sangat kaya dan luar biasa. Internet telah menjadi media belajar baru untuk guru maupun siswa. Belajar kini tidak lagi harus dari buku dan referensi sekolah saja. Dunia Internet sudah membuka lebar kesempatan belajar kepada siapa saja yang termotivasi untuk maju. hampir segala bentuk Ilmu Pengetahuan dapat kita cari di Internet, boleh jadi siswa yang rajin “Googling” akan lebih berpengetahuan dibanding gurunya.
         Guru harus selalu up todate, yang selalu mengikuti perkembangan zaman,agar anak juga merasa guru mereka layak untuk dijadikan inspirasi, bahwa guru mereka layak dijadikan teladan. Guru tidak boleh gaptek. Akan sangat menyedihkan ketika guru tertinggal dengan muridnya. Disaat perkembangan zaman yang begitu cepat guru juga harus mau dan mampu mengikutinya. Jika itu tidak dilakukan maka murid akan merasa bahwa guru mereka sudah tidak jamani dan itu membuat mereka tidak lagi mengagumi sosok gurunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar